Rencana Pelaksanaan Pembelajaran( RPP )
Satuan Pendidikan :SMP Bahrul Maghfiroh
Mata Pelajaran :PendidikanAgama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester :
VII I(Delapan)
/ Ganjil
Tema : SejarahIlmuPengetahuanMasaBaniUmayyah
Alokasi Waktu : 2 x 3 jp
A.
KOMPETENSI INTI
NO.
|
KOMPETENSI INTI
|
|
1
|
KI.2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2
|
KI.3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
|
3
|
KI.4
|
Mencoba
mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1.
|
2.8
|
Meneladani
semangatilmuwanmuslimdalammenumbuhkembangkanilmupengetahuandalamkehidupansehari-hari
|
|
2.
|
3.10
|
MemahamisejarahpertumbuhanilmupengetahuansampaimasaUmayyahdanmasaAbbasiyah
|
3.10.1Menjelaskan sejarahpertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
1. Menyebutkan factor-faktor yang
mendukungterjadipertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
2. Menyebutkanbukti-bukti
pertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
3. Mengelompokan
tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa bani Umayyah
|
3.
|
4.10
|
MerekonstruksisejarahpertumbuhanilmupengetahuansampaimasaUmayyahdanmasaAbbasiyahuntukkehidupansehari-hari
|
1. MerekontruksisejarahilmupengetahuanmasabaniUmayyah
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1.
Pertemuan 1
Setelah mengikuti
proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran reading aloud, peserta didik
diharapkan dapat :
1)
MenjelaskansejarahpertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
2)
Menyebutkan factor-faktor yang
mendukungterjadipertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
3)
Menyebutkan bukti-bukti
pertumbuhan ilmu pengetahuan masa bani Umayyah
4)
Mengelompokan tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa bani Umayyah
2.
Pertemuan II
1)
MerekontruksisejarahilmupengetahuanmasabaniUmayyah
D.
MATERI PEMBELAJARAN:
1. Sikap terpuji yang
dimilikiilmuwanmuslimmasabaniUmayyah
2.
SejarahpertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
3.
Factor-faktor yang
mendukungterjadipertumbuhanilmupengetahuanmasabaniUmayyah
4.
Bukti-bukti
pertumbuhan ilmu pengetahuan masa bani Umayyah
5.
Tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa bani Umayyah
E.
METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan
Scientific
2. Model
Pembelajaran : Reading Aloud
3. Metode : Diskusi, ceramah plus dan tanya jawab.
F.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Video Pembelajaran dan peta Timur Tengah
2.
Alat : Laptop, LCD Proyektor, papan tulis dan spidol
3.
Sumber Pembelajaran
·
Al Qur’an
danterjemahnyaDepag RI
·
Muhammad
AhsandanSumiyatiPendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti SMP / MtsKelas VIII, th 2014 , PusatKurikulumdanPerbukuan ,
Balitbang, Kemendikbud.
·
Buku-bukuPenunjang
PAI kelas VIII
·
CD/Video
Pembelajaran Interaktif
·
Peta Jazirah
Arabia
·
Internet
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
a. Mengamati
·
Membaca dan mencermati teks
atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dari masa Umayah .
·
Menonton film atau tayangan
yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
·
Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah .
b. Menanya
·
Mengajukan pertanyaan tentang
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah .
·
Mengajukan pertanyaan tentang
faktor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai
masa Umayah .
c.
Eksperimen/explore
·
Mencari bukti-bukti sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah.
·
Mengelompokkan tokoh-tokoh
ilmuwan muslim masa Umayah.
d.
Asosiasi
·
Membuat gambaran/deskripsi
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah.
e.
Komunikasi
·
Memaparkan / menceritakantokoh-tokoh ilmuwan padamasabani masa Umayah.
·
Menceritakan bukti-bukti hasilkarya ilmu pengetahuan padamasa baniUmayyah
3.
Penutup ( 10 menit )
a.
Dibawah
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan
reward kepada kelompok “terbaik”dalam
diskusi
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas kelompok
terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
Pertemuan 2
1. Pendahuluan ( 10 menit )
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d. Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e. Guru menyampaikan
tujuan yang akan dicapai.
f. Guru membagi
peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Mengamati
·
Membaca dan mencermati teks
atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dari masa Umayah .
·
Menonton film atau tayangan
yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
·
Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah .
b. Menanya
·
Mengajukan pertanyaan tentang
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah .
·
Mengajukan pertanyaan tentang
faktor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai
masa Umayah .
c. Eksperimen/explore
·
Mencari bukti-bukti sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah.
·
Mengelompokkan tokoh-tokoh
ilmuwan muslim masa Umayah.
d. Asosiasi
·
Membuat gambaran/deskripsi
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah.
e. Komunikasi
·
Merekontruksi sejarah
ilmu pengetahuan masa bani Umayyah
3.
Penutup ( 15 menit)
a. Dibawah bimbingan guru, peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c. Guru menjelaskan materi
yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
d. Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
H.
PENILAIAN
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian
diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar
penilaian diri
c. Kisi kisi :
Meneladani sikap terpuji Khulafaurrasyidin
d. Instrumen :
Terlampir
2. Sikap Sosial
a. Tehnik Penilaian : Penilaian
Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar
penilaian
c. Kisi kisi :
Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi
d. Instrumen :
Terlampir
3. Pengetahuan
a. Tehnik Penilaian : Tes Tulis dengan soal essay
b. Bentuk Instrumen : Lembar Tes
c. Kisi kisi : Terlampir
d. Instrumen :
Terlampir
4. Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat
dijadikan hikmah dan pelajaran bagi peserta didik dari sikap ilmuwan pada
masa bani Umayyah
Malang,
14 Juli 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
Risman
Heli,S.Si,.M.Si Wahyudi,S.Pd.I
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment