Saturday, 4 April 2015

Iman pada Nabi dan Rosul


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                    :SMP Bahrul Maghfiroh
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti
Kelas/Semester                   : VIII / 2
Materi Pokok                      :    Iman pada Nabi dan Rosul
Alokasi Waktu                    :   3 x 3 Jam Pelajaran

   A.    Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

            NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.5. Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt

3.5.1. Mendefiniskan pengertian iman kepada Nabi dan Rasul
3.5.2. Menyebutkan perbedaan Nabi dan  Rasul
3.5.3. Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul
3.5.4. Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul
3.5.5. Menyebutkan Rasul Ulul Azmi
3.5.6. Menyebutkan hikmah iman kepada Nabi dan rasul
2
4.5.  Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
4.5.1.Membaca dalil tentang beriman kepada Nabi dan Rasul
4.5.2. Menjelaskan kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasul


   C.    Tujuan Pembelajaran          
Pertemuan kesatu
Melalui Contekstual Teaching and Learningpeserta didikdiharapkan dapat :
1.      Mendefiniskan pengertian iman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
2.      Menyebutkan perbedaan Nabi dan Rasul dengan benar

Pertemuan kedua
Melalui Contekstual Teaching and Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.      Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul dengan benar
2.      Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul dengan benar
3.      Menyebutkan Rasul Ulul Azmi dengan benar

Pertemuan ketiga
Melalui Contekstual Teaching and Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.      Menyebutkan hikmah iman kepada Nabi dan rasuldengan benar
2.      Membaca dalil tentang beriman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
3.      Menjelaskan kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasuldengan benar

   D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
1.   Pengertian Iman Kepada Rasul Allah SWT
2.   Perbedaan Nabi dan Rasul Allah SWT

Pertemuan Kedua
1.   Nama-nama Para Nabi dan Rasul
2.   Sifat-sifatPara Nabi dan Rasul
3.   Rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi

Pertemuan Ketiga
1.   Khikmahberiman KepadaRasul Allah SWT
2.   Dalil tentang beriman kepada Nabi dan Rasul
3.   Kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasul

   E.     MetodePembelajaran
Pendekatan                 : Saintific
Model                          : CTL
Metode                        : Diskusi, Tanya jawab, Inkuiri

   F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                          : 1. VCD pembelajaran
2.    Teks naskah bermain peran
Alat                             :1.  LCD
                                      2.  Kertas Karton
Sumber Pembelajaran  :
1.      Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI Tahun 2006
2.      Buku Teks PAI kelas VIII Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014
3.      CD/Video Pembelajaran Interaktif
                                
   G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.    Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.


10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.    Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
2.    Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
3.    Menyimak dan membaca penjelasan mengenai pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.

b.      Menanya
1.    Mengajukan pertanyaan hal-hal tentang pengertian iman kepada nabi dan rasu, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
2.    Menunjuk salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
3.    Mengajukan pertanyaan tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
1.    Menggali informasi dan data tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul berbagai sumber.

d.      Asosiasi
1.    Menganalisis informasi dan data tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul
2.    Menyimpulkan informasi dan data tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul

e.    Komunikasi.
1.    Memaparkan hasil temuan tentang informasi dan data tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul

100 menit
3.
Penutup
a.    Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-          Kelompok yang benar dalam merumuskan pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul
-          Kelompok yang paling baik dalam merumuskan pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul
d.   Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

10 menit

Pertemuan 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.    Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.    Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
2.    Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
3.    Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.

b.    Menanya
1.    Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
2.    Menunjuk salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
3.    Mengajukan pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
1.    Menggali informasi dan data tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul. melalui berbagai sumber.
2.    Mengumpulkan dan mengelompokkan para nabi yang diberi kitab suci.
3.    Mengumpulkan dan mengelompokkan para nabi dan rasul yang diberi suhuf.
4.    Mengumpulkan dan mengelompokkan nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi.

d.   Asosiasi
1.    Menganalisis data tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
2.    Merumuskan hubungan antara keimanan terhadap nabi dan rasul dengan sikap dan perilaku para umatnya.
3.    Menyimpulkan ajaran sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.

e.    Komunikasi.
1.    Memaparkan hasil temuan sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
2.    Menunjukkan hasil analisis tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul terhadap sikap dan perilaku seseorang dalam kehidupan.

3.
Penutup
a.    Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-          Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-          Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.   Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.



Pertemuan 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.    Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.    Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi iman kepada nabi dan rasul.
2.    Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada nabi dan rasul.
3.    Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada nabi dan rasul.
4.    Mencermati dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah SWT.

b.    Menanya
1        Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang iman kepada nabi dan rasul.
2        Menunjuk salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan tentang sejarah nabi dan rasul.
3        Mengajukan pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
1.    Menggali informasi dan data tentang nabi dan rasul melalui berbagai sumber.
2.    Mengumpulkan dan mengelompokkan para nabi yang diberi kitab suci.
3.    Mengumpulkan dan mengelompokkan para nabi dan rasul yang diberi suhuf.
4.    Mengumpulkan dan mengelompokkan nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi.


d.   Asosiasi
1.    Menganalisis hubungan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya.
2.    Merumuskan hubungan antara keimanan terhadap nabi dan rasul dengan sikap dan perilaku para umatnya.
3.    Menyimpulkan ajaran yang dibawa oleh para nabi dan rasul.

e.    Komunikasi.
1.    Memaparkan hasil temuan tentang hubungan ajaran antara satu nabi dengan nabi lainnya.
2.    Menunjukkan hasil analisis tentang hubungan antara keimanan terhadap nabi dan rasul terhadap sikap dan perilaku seseorang dalam kehidupan.

3.
Penutup
a.    Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-          Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-          Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.   Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.




H. Penilaian Hasil Belajar
1.    Sikap spiritual
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
                                              Instrumen: Terlampir
2.    Sikap sosial
                            a.     Teknik Penilaian               : Observasi
                           b.     Bentuk Instrumen                        : Lembar observasi
                            c.     Kisi-kisi:
Instrumen: Terlampir
3.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian               :Tes Lisan
                           b.     Bentuk Instrumen                        : Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi                            :Instrumen: Terlampir
4.  Tugas                                       :  Instrumen: Terlampir
5.  Portofolio

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 3              : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Lampiran 4              : Instrumen Penilaian penilaian diri (Aspek Pengetahuan)



Mengetahui;
Kepala Sekolah,



...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI



.................................................
NIP. ........................................

A.     PENILAIAN
4.  Sikap spiritual
                  d.    Teknik Penilaian           : Penilaian diri
                  e.    Bentuk Instrumen         : Lembar penilaian diri
                   f.    Kisi-kisi                           :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
     1.         
Meyakini  bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah
Terlampir
     2.         
Meyakini bahwa ikhlas, sabar dan pemaaf adalah sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim
Terlampir
     3.         
Meyakini bahwa dengan memilki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf manusia akan selamat dunia dan akhirat
Terlampir
     4.         
Meyakini bahwa dengan memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf akan dimudahkan jalan hidupnya
Terlampir
5
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf
Terlampir


5.  Sikap sosial
                  d.    Teknik Penilaian           : Penilaian Antar Teman
                  e.    Bentuk Instrumen         : Lembar Penilaian
                   f.    Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Suka berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya.
Terlampir

  1.  
Segera memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf.
Terlampir

  1.  
Tidak pamrih ketika temannya meminta tolong
Terlampir

  1.  
Tidak mudah putus asa karena memiliki kesabaran
Terlampir

Instrumen: Terlampir


6.  Pengetahuan
                  d.    Teknik Penilaian           :Tes Lisan
                  e.    Bentuk Instrumen         : Lembar penilaian tes lisan
                   f.    Kisi-kisi               :
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Dapat mengartikan Q.S.An-Nisa (4):146
Artikan Q.S.An-Nisa (4):146 dengan benar!

  1.  
Dapat mengartikan Q.S. Al Baqarah (2):153,
Artikan Q.S. Al Baqarah (2):153, dengan benar!

  1.  
Dapat mengartikan Q.S. Ali Imran (3): 134
Artikan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan benar!



7.  Keterampilan
                  a.    Teknik Penilaian           : Performance
                  b.    Bentuk Instrumen         : Praktik
                  c.    Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Dapat membaca Q.S.An-Nisa (4):146
Bacalah Q.S.An-Nisa (4):146 dengan tartil!

  1.  
Dapat membaca Q.S. Al Baqarah (2):153
Bacalah Q.S. Al Baqarah (2):153 dengan tartil !

  1.  
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
Bacalah Q.S. Ali Imran (3): 134!



Mengetahui                                                                
           Kepala Sekolah                                                           Guru PAI dan Budi Pekerti                           


……………                                                       Wahyudi,S.Pd.I                    
                       












No comments:

Post a Comment