Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP Bahrul Maghfiroh
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/
Semester : VIII/1
Materi
Pokok :
Puasa
wajib dan puasa sunah
Alokasi Waktu :
4 x pertemuan ( 12 Jam pelajaran )
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.6 Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa sunnah
sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
|
|
2.
|
3.8 Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
|
3.8.1
Menjelaskan pengertian puasa wajib
dan dasar hukumnya.
3.8.2
Menjelaskan syarat-syarat
melaksanakan puasa wajib dan puasa sunah
3.8.3
Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib.
3.8.4
Menjelaskan macam-macam puasa wajib.
3.8.5
Menjelaskan hal-hal yang membatalkan
puasa.
3.8.6
Menjelaskan orang-orang yang boleh
tidak melakukan puasa Ramadlan.
3.8.7
Menjelaskan tatacara melaksanakan
puasa wajib.
3.8.8
Menjelaskan pengertian puasa sunah
dan dasar hukumnya.
3.8.9
Menjelaskan macam-macam puasa sunah
|
3.
|
4.8 Melaksanakan puasa
wajib dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa wajib
dan puasa sunnah
|
4.8.1 Mempraktikkan puasa wajib.
4.8.2 Melaksanakan
puasa sunah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
1. Setelah melalui pembelajaran dengan metode
indek cart macth siswa dapat menjelaskan
pengertian puasa wajib.
2. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode indek cart macth siswa dapat menyebutkan tatacara
puasa wajib.
2.
Pertemuan
2:
a. Setelah
melalui pembelajaran dengan metode indek cart macth siswa dapat menjelaskan macam-macam puasa wajib.
b. Setelah
melalui pembelajaran dengan metode indek cart macth siswa dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan
puasa.
c. Setelah
melalui pembelajaran dengan metode indek cart macth siswa dapat menjelaskan orang-orang yang boleh tidak
melakukan puasa Ramadlan.
3.
Pertemuan
3:
a. Setelah melalui pembelajaran dengan
metode indek cart macth siswa dapat menyebutkan tatacara puasa sunah.
4.
Pertemuan
4:
a. Setelah melalui pembelajaran dengan
metode indek cart macth siswa dapat menunjukkan contoh puasa wajib dan puasa sunah.
a. Setelah melalui pembelajaran dengan
metode indek cart macth siswa dapat mempraktikkan niat puasa wajib dan puasa
sunah dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
1 :
a. Pengertian puasa wajib
b. Tata cara puasa wajib
Pertemuan
2 :
1. Macam-macam puasa wajib.
2. Yang membatalkan puasa.
3. Orang yang boleh tidak berpuasa
Pertemuan
3 :
1. Pengertian
Puasa Sunah
2.
Macam-macam
Puasa Sunah
3.
Tata cara puasa sunah
Pertemuan
4 :
Hikmah
puasa wajib dan puasa sunah
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Diskusi
2.
Model indek cart match
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Video
Pembelajaran
b. CD Pembelajaran Puasa
2. Alat
a. Laptop
b. LCD Projector
3. Sumber Belajar
a. Muhammad Ahsan dan
Sumiyati.2014.
Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/Mts kelsa VIII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang ,
Kemendikbud.
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (15 menit)
1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2) Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
3) Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat
duduk peserta didik.
4) Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pembelajaran.
5)
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6) Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
a. Mengamati
· Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan puasa wajib.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara puasa wajib.
· Membaca dalil naqli mengenai puasa wajib.
b. Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan
puasa wajib.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara
pelaksanaan puasa wajib.
c. Mencoba
· Secara berkelompok mencari data dari berita
atau informasi tentang ketentuan puasa
wajib.
· Mendiskusikan tata cara puasa wajib.
· Mendiskusikan manfaat puasa wajib.
d. Asosiasi
·
Membuat
analisis tata cara puasa wajib.
·
Membuat analisis syarat puasa wajib.
· Merumuskan manfaat puasa wajib.
e. Komunikasi.
·
Menyajikan
paparan tentang ketentuan puasa wajib.
·
Memaparkan
rumusan hikmah dan manfaat puasa wajib.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
c. Penutup (15 menit)
- Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
- Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan (15 menit )
1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2) Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3) Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat
duduk peserta didik.
4) Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pembelajaran.
5)
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6) Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara
berkelompok.
7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1. Mengamati
· Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan puasa wajib.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai yangmembaalkan puasa.
2. Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan
puasa wajib.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan hal-hal yang membatalkan
puasa.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan orang yang boleh tidak
puasa
3. Mencoba
· Secara berkelompok mencari data dari berita
atau informasi tentang ketentuan puasa wajib.
· Mendiskusikan hal-hal yang membatalkan puasa
· Mendiskusikan orang yang bolehtidak berpuasa.
4. Asosiasi
·
Membuat
analisis tata cara puasa wajib.
·
Membuat analisis hal- hal yang membatalkan puasa.
· Merumuskan orang yang boleh tidak berpuasa.
5. Komunikasi.
·
Menyajikan
paparan tentang ketentuan puasa wajib.
·
Memaparkan
hal-hal yang
membatalkan puasa.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
c. Penutup
(15 menit)
- Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran
- Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
3. Pertemuan 3 :
a.
Pendahuluan (15 menit )
1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2) Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3) Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat
duduk peserta didik.
4) Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pembelajaran.
5)
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6) Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara
berkelompok.
7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
c. Kegiatan inti (90 menit)
1. Mengamati
· Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan puasa sunah.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara puasa sunah.
· Membaca dalil naqli mengenai puasa sunah.
2. Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan
puasa sunah.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara
pelaksanaan puasa sunah.
3. Mencoba
· Secara berkelompok mencari data dari berita
atau informasi tentang ketentuan puasa
sunah.
· Mendiskusikan tata cara puasa sunah.
· Mendiskusikan manfaat puasa sunah.
4. Asosiasi
·
Membuat
analisis tata cara puasa sunah.
·
Membuat analisis syarat puasa sunah.
· Merumuskan manfaat puasa sunah.
5. Komunikasi.
·
Menyajikan
paparan tentang ketentuan puasa sunah.
·
Memaparkan
rumusan hikmah dan manfaat puasa sunah.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
D. Penutup
(15 menit)
- Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
- Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
4. Pertemuan 4
a. Pendahuluan (15 menit)
1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2) Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah / ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3) Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat
duduk peserta didik.
4) Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pembelajaran.
5)
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6) Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara
berkelompok.
7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
a. Peserta didik
secara bergantian menyebutkan tata cara puasa wajib dan puasa sunah sesuai
dengan ketentuan dalam syari’at sedangkan peserta didik yang lainnya
memperhatikan.
b. Guru membimbing
peserta didik untuk menyebutkan tata cara puasa wajib dan puasa sunah sesuai
dengan ketentuan dalam syari’at.
c.
Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah
puasa wajib dan puasa sunah.
d. Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan terhadap puasa sunah dan puasa wajib.
e. Guru dan peserta
didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam
buku siswa pada kolom rangkuman.
f. Pada kolom “Ayo Berlatih”, guru diharapkan mampu: 1) membimbing peserta didik untuk
menyebutkan contoh puasa wajib
dan puasa sunah.
g. Meminta peserta
didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian.
h. Membimbing
peserta didik untuk mengamati dirinya sendiri tentang perilaku-perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani sifat tersebut di lingkungannya (Kolom
tugas).
c.
Penutup (15 menit)
- Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
- Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
1. Sikap
a. Teknik Penilaian :
Observasi
b. Bentuk Instrumen :
Lembar Observasi
c. Instrumen :
Lampiran
2. Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Isian
c. Instrumen : Lampiran
3. Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance/Praktik
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen : Mempraktekan tata cara
puasa wajib dan puasa sunah
Malang, 14 Juli 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
Risman
Heli,S.Si,.M.Si Wahyudi,S.Pd.I
NIP.
... NIP.
...
No comments:
Post a Comment