Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )
Satuan
Pendidikan : SMP Bahrul Maghfiroh Malang
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
/ Semester : VIII / I
Materi
Pokok : Memahami macam-macam Sujud
a.
Kompetensi
Inti:
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
b.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. KD
|
Kompetensi dasar
|
No. Indikator
|
Indikator
|
1.5
|
Menerapkan
ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwiberdasarkansyariat Islam
|
1.5.1
|
Membiasakan sujud
syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.7
|
Memahami
hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
3.7.1
3.7.2
3.7.3
|
Menjelaskan
pengertian sujud syukur berdasar syariat Islam
Menjelaskan pengertian
sujud tilawah berdasar syariat Islam
Menjelaskan
pengertian sujud sahwi berdasar syariat Islam
|
|
|
3.7.4
3.7.5
3.7.6
|
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud syukur berdasar syariat Islam
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud sahwi berdasar syariat Islam
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud tilawah berdasar syariat Islam
|
4.7
|
Mempraktikkan sujud
syukur, sujud sahwi,dan sujud tilawah
|
4.7.1
|
Melaksanakan tata cara sujud syukur, sujud
tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam
|
|
|
4.7.2
|
Mempraktekkan sujud
syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam
|
c. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Setelah
memperhatikan tayangantutorial macam-macam sujud dan melakukan penelusuran
kepustakaan, peserta didik dapat :
a.
Menjelaskan pengertian sujud syukur berdasar syariat Islam
b.
Menjelaskan pengertian sujud sahwi berdasar syariat Islam
c.
Menjelaskan pengertian sujud tilawah berdasar syariat Islam
Pertemuan 2 :
Setelah
memperhatikan tayangan tutorial macam-macam sujud dan melakukan penelusuran
kepustakaan, peserta didik dapat :
a.
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud syukur berdasar syariat Islam
b.
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud sahwi berdasar syariat Islam
c.
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud tilawah berdasar syariat Islam
Pertemuan 3:
Setelah
mengikuti pembelajaran macam-macam sujud dengan pendekatan saintifik, peserta
didik dapat :
- Mempraktekkan sujud syukur berdasar syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari.
- Mempraktekkan sujud tilawah berdasar syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari.
- Mempraktekkan sujud syahwi berdasar syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari
d.
Materi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a.
Pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah Sujud syukur adalah
sujud sebagai ungkapan terima kasih kepada Alloh swt.atas karuniaNya; sujud
sahwi adalah sujud dua kali setelah tasyahud akhir sebelum salam; sujud tilawah
adalah sujud bacaan.
b.
Latar belakang sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah Sujud syukur
dilakukan karena mendapat anugerah atau ketika terhindar dari musibah; sujud
sahwi dilakukan karena meninggalkan rukun sholat atau sunnat ab’adh karena lupa
atau karena ragu/kekurangan/kelebihan bilangan rokaat; sujud tilawah dilakukan apabila membaca atau
mendengar ayat sajdah dibaca.
c.
Dasar hukum sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
كان
إذا جاءه أمر سرور أوبشر به خر ساجدا شاكرا لله
إذا
شك أحدكم في صلاته فلم يدركم صلى ثلاثا أم أربعا فاليطرح الشك واليبن على مااستيقن
ثم يسجد تين قبل أن يسلم
إذاقرأ
ابن أدم السجدة إعتزل الشيطان
2. Pertemuan 2
a.
Bacaan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
سجد وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره
بحوله وقوته
سبحان من لا ينام ولا يسهو
سجد وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره
بحوله وقوته
b.
Tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Sujud syukur: sujud satu kali diawali takbiratul ihram
dengan diniati syukur, duduk kemudian salam. Sujud ini dilakukan dluar sholat.
Sujud sahwi 2 kali dilakukan setelah membaca tasyahud
akhir, seperti melakukan sujud dalam sholat.
Sujud tilawah diluar sholat : sujud satu kali dengan
takbiratul ihram dan niat sujud tilawah tanpa salam. Dilakukan oleh pembaca
adapun bagi yang mendengar disunnatkan jika yang membaca juga melakukan sujud
tilawah.
Sujud tilawah didalam sholat : sujud satu kali dengan
takbiratul ihram dan niat sujud tilawah tanpa salam. Dilakukan oleh
imam/munfarid adapun bagi makmum disunnatkan jika imam juga melakukan sujud
tilawah, kemudian melanjutkan bacaan ayat.
3. Pertemuan 3
a.
Hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Sujud syukur: Menambah karunia nikmat (Q.S. Ibrahim:7),
sebagai ungkapan terima kasih, menyadari segala kekuatan menghindari musibah
dan pertolongan dalam menjalankan ibadah hanya datang dari sisi Alloh swt.
Sehingga kening manusia sebagai lambang kemuliaan harus direbahkan guna
membuang keangkuhannya.
Sujud sahwi: menghilangkan syak dari setan sekaligus
menyempurnakan ibadah, menyadari kekurangannya, karena kemuliaan dan sifat
sempurna hanya milik Allah swt.
Sujud tilawah: mengkufuri perilaku syetan yang enggan,
memuliakan kalam Allah swt.
b.
|
|
e. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode
: Kontekstual,
kooperatif
3. Teknik
: Permodelan
f.
Media, Alat Dan Sumber Belajar
1. Media
a.
Video
Tutorial pelaksanaan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
b.
Slide
materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
2. Alat
a.
Laptop
b.
LCD Projector
c.
Speaker eksternal
d.
Internet
3. Sumber Belajar
a. Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta:
Departemen Agama RI.
b. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa . Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Website terkait materi sujud syukur, sujud sahwi dan
sujud tilawah
4. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
·
Pertemuan pertama:
a. Pendahuluan (15 menit)
1.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh
salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.
Membaca al Qur’an surah Ibrahim:7 dengan terjemahnya secara
bersama-sama.
3.
Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau
mengajak bernyanyi.
4.
Memberikan motivasi pentingnya melakukan amalan-amalan sunnah.
5.
Memberikan appersepsi berbagai kegiatan muslim: mengalami kesuksesan,
terhindar dari musibah, ragu-ragu dalam menentukan bilangan rokaat sholat,
menjumpai ayat-ayat bertanda khusus (tanda sajdah)
6.
Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
7.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok
beranggotakan 4 – 5 peserta.
8.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a. Mengamati
1. Peserta didik memperhatikan tayangan VCD tutorialsujud
syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah secara
interaktif.
2. Peserta didik membaca materi sujud syukur, sujud sahwi,
dan sujud tilawah yang ada di buku siswa.
b. Menanya
1. Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang hal- hal yang
belum jelas dari hasil melihat tayangan dan membaca materi sujud syukur, sujud
sahwi, dan sujud tilawah
2. Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap latar
belakang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah serta bagaimana
mempraktekkannya dengan dalam situasi sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan
dari guru/tayangan audio visual.
c. Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
Melalui tayangan tutorial yang sudah diputar kembali,
para Peserta didik melakukan kegiatan melafalkan bacaan yang dibaca ketika
sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah sampai benar, secara individu,
kelompok maupun klasikal.
d. Mengasosiasi/menalar
Peserta didik menginventarisir dan mendiskusikan latar
belakang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah.
e. Mengkomunikasi
1. Peserta didik yang dianggap paling benar dalam
permodelannya, mempraktekkan kembali sekaligus
memaparkan pengertiansujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2. Peserta didik lain mengamati dan menanggapi terhadap
permodelan yang sudah ditunjukkan sekaligus memberi masukan terhadap pengertian
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
3.
Penutup (10 menit)
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
·
Pertemuan kedua:
a. Pendahuluan ( 15 menit)
1.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh
salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.
Membaca doa-doa sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah secara bersama-sama.
3.
Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan apersepsi.
4.
Memberikan motivasi pentingnya kefasihan dalam melafazhkan ayat/doa dalam
bahasa Arab.
5.
Memberikan appersepsi pentingnya sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.
Peserta didik untuk duduk secara berkelompok
beranggotakan 4 – 5 anak.
7.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti ( 90 menit )
a. Mengamati
1)
Peserta didik mengamati presentasi power point tentang materi sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah yang ditayangkan guru
b. Menanya
Melalui motivasi
dari guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari hasil melihat tayangan dan pembacaan
materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
c. Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
1.
Melalui tayangan video tutorial yang sudah dilihat, para siswa mendemonstrasikan
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah per kelompok.
2.
Kelompok pengamat memberi masukan terhadap pelaksanaan demonstrasi kelompok
pelaku.
3.
Peserta didik mencari informasi tambahan tentang pengertian sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.
Kelompok pengamat melakukan penilaian dengan berdasar rubrik praktek yang
disediakan guru.
d. Mengasosiasi/menalar
1. Kelompok diskusi peserta didik membuat peta konsep materi
dan persiapan presentasi materi.
e. Mengkomunikasi
1. Kelompok diskusi secara
bergantian mempresentasikan materi dengan alat bantu peta konsep.
2. Kelompok pendengar memberikan
masukan terhadap presentasi kelompok pemapar.
3.
Penutup (15
menit)
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut : melanjutkan presentasi
kelompok yang belum tampil, penilaian diri dan ulangan harian tulis.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
·
Pertemuan ketiga:
a. Pendahuluan ( 15 menit)
1. Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2. Membaca doa-doa sujud syukur, sujud sahwi dan sujud
tilawah secara bersama-sama.
3. Guru memeriksa kesiapan peserta didik
dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan
apersepsi.
4. Peserta didik duduk sesuai kelompoknya.
5. Guru memberikan pertanyaan lisan terhadap
masing-masing kelompok.
6. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti ( 90 menit )
a. Mengamati
Peserta didik mengamati peta
konsepkelompok pemapar yang ditempel semua di depan kelas.
b. Menanya
Kelompok pendengar
memperhatikan, memberikan pertanyaan atau pernyataan dan membuat catatan
masukan terhadap peta konsep kelompok lain.
c. Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
Kelompok pemapar
menggali kembali informasi melalui penelusuran pustaka maupun internet terhadap
masukan dan pertanyaan tim pendengar yang belum terjawab.
Peserta didik
mengerjakan tes tulis Ulangan Harian dengan materi macam-macam sujud.
d. Mengasosiasi/menalar
Peserta didik mengisi rubrik penilaian diri
e. Mengkomunikasi
Kelompok diskusi secara
bergantian menyampaikan umpan balik dan jawaban terhadap masukan dari kelompok
lain yang belum dapat terjawab pada kesempatan presentasi pertama.
3.
Penutup (15
menit)
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut : materi selanjutnya adalah
sholat sunnah berjama’ah dan munfarid, dimana sujud syukur, sahwi dan tilawah
memiliki kaitan erat dengannya.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
f. Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Tehnik penilaian : non tes (penilaian diri)
Bentuk penilaian : skala penilaian (rating scale)
Instrumen penilaian : lembar penilaian diri
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Risman
heli,S.Si
NIP.
|
Malang,
.................
Guru
Mata Pelajaran
PAI
dan Budi Pekerti
Wahyudi,S.Pd.I
NIP.
|
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
PETUNJUK
1. Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama
Peserta Didik : ………………………
Kelas :………………………….
Materi
Pokok :………………………….
Tanggal :………………………….
|
Keterangan :
·
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
·
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
·
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
·
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
SIKAP SPIRITUAL
|
*)
Jika butir ini tidak pernah dilakukan, maka butir 6 dan 9 tidak perlu dijawab.
NILAI
SPIRITUAL DIDAPAT DARI JUMLAH SKOR CHECK LIST DIBAGI JUMLAH BUTIR PERNYATAAN
Keterangan:
Pernyataan
positif :
·
1 untuk sangat tidak setuju (STS),
·
2 untuk tidak setuju (TS), ,
·
3 untuk setuju (S),
·
4 untuk sangat setuju (SS).
Pernyataan
negatif :
·
1 untuk sangat setuju (SS),
·
2 untuk setuju (S),
·
3 untuk tidak setuju (TS),
·
4 untuk sangat tidak setuju (S).
KONVERSI NILAI SIKAP SESUAI DENGAN
PERMENDIKBUD NO. 81A TAHUN 2013
PREDIKAT
|
NILAI
KOMPETENSI
|
KONVERSI
|
ANGKA
|
SIKAP
|
|
A
|
4
|
SB
|
A -
|
3,66
|
|
B +
|
3,33
|
B
|
B
|
3
|
|
B -
|
2,66
|
|
C +
|
2,33
|
C
|
C
|
2
|
|
C -
|
1,66
|
|
D +
|
1,33
|
K
|
D
|
1
|
2. Pengetahuan
Tehnik penilaian : tes
Bentuk penilaian : tes tulis
Instrumen penilaian : soal uraian
Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Skor
|
3.7.1
|
Menjelaskan pengertian
sujud syukur berdasar syariat Islam
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian sujud syukur!
Kunci Jawaban:
Sujud tanda terima kasih kepada
Allah swt atas karuniaNya, baik berupa keberuntungan maupun terhindar dari
musibah.
Tuliskan doa sujud syukur!
Kunci jawaban :
سجد وجهي للذي خلقه وشق سمعه
وبصره بحوله وقوته
Sajada wajhiy lilladzii kholaqohu wa
syaqqo sam’ahu wabashorohu bihawlihi wa quwwatihi
|
15
15
|
3.7.2.
|
Menjelaskan
pengertian sujud tilawah berdasar syariat Islam
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian sujud sahwi!
Kunci Jawaban:
Sujud
dua kali yang dilakukan setelah membaca tasyahud akhir sebelum salam
disebabkan meninggalkan salah satu rukun sholat karena lupa atau ragu-ragu
menentukan bilangan rokaat sholat.
Tuliskan
doa sujud syukur!
Kunci jawaban :
سبحان
من لا ينام ولا يسهو
Sub-haana man-laa yanaamu walaa
yas-hu (3x)
|
15
15
|
3
|
Menjelaskan
pengertian sujud sahwi berdasar syariat Islam
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian sujud tilawah!
Kunci Jawaban:
Sujud
bacaan, yaitu sujud satu kali ketika seseorang membaca atau mendengar ayat
sajdah dibacakan.
Tuliskan
doa sujud tilawah!
Kunci jawaban :
سجد
وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره بحوله وقوته
Sajada wajhiy lilladzii kholaqohu wa
syaqqo sam’ahu wabashorohu bihawlihi wa quwwatihi
Sebutkan rukun-rukun sujud tilawah
diluar sholat!
Kunci jawaban :
Niat, takbiratul ihram, sujud dan
memberi salam sesudah duduk
|
15
15
10
|
|
|
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
100
|
2. Pengetahuan
Tehnik penilaian :
tes
Bentuk penilaian :
tes lisan
Instrumen penilaian :
daftar pertanyaan
Instrumen Penilaian
Tes Lisan
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Kunci Jawaban
|
3.7.4
|
Menjelaskan ketentuan dan
cara sujud syukur berdasar syariat Islam
|
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Kondisi
dan situasi apakah yang membuat anda melakukan sujud syukur?
|
Pada saat
menerima nikmat/keberuntungan
Pada saat
terhindar dari musibah
(variannya bisa
diperluas sesuai wawasan peserta didik)
|
3.7.5
|
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud sahwi berdasar syariat Islam
|
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Bacakan
doa sujud sahwi!
|
سبحان من لا ينام ولا يسهو
Sub-haana
man-laa yanaamu walaa yas-hu (3x)
|
3.7.6
|
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud tilawah berdasar syariat Islam
|
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Tunjukkan
satu ayat sajdah (peserta didik membawa Mushaf Al Quran)!
|
Peserta didik memegang dan
membuka Al Qur’an dengan ta’zhim, dan menunjukkan ayat sajdah dengan
mengetahui tanda paling mudah untuk mengenalinya:Q.S. Al A’raaf : 206, Q.S.
Ar Ra’d : 15, Dst.
|
3.
3. Keterampilan
Tehnik penilaian : Praktek
Bentuk penilaian : Unjuk kerja
Instrumen penilaian : lembar penilaian unjuk kerja
LEMBAR
PENILAIAN UNJUK KERJA
PETUNJUK
1. Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama
Peserta Didik : ………………………………
Kelas :……………………………….
Materi Pokok :……………………………….
Tanggal :……………………………….
|
Keterangan :
·
4 = SB
·
3 = B
·
2 = C
·
1 = K
|
|
Skor
maksimal = (jumlah skor : jumlah butir penilaian) x 100
No comments:
Post a Comment