Saturday, 4 April 2015

Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP)


Satuan Pendidikan             :SMP Bahrul Maghfiro
Mata Pelajaran                   :Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :VIII (Delapan) / Ganjil
Materi Pokok                      : Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis
                                            tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Alokasi Waktu                    :3 pertemuan (3 x 3  Jam Pelajaran)

A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
2.4

Menghargai perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait

2.4.1     Menampilkan contoh perilaku rendahhati, hematdanhidupsederhana sebagai implementasi dari surahQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2
3.1


Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27;serta hadits terkait

3.1.1     Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
3.1.2     Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
3
4.1

Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63 dan Al-Isra’(17): 27 dengan tartil

4.1.1    Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
4.1.2   Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
4
4.2
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’(17): 27 serta Hadits terkait
4.2.1   Melafalkan hafalan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
  




B.     TUJUAN PEMBELAJARAN:

Pertemuan Pertama:

1. Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan Al Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27. Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaanAl Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dan hadis yang terkait dengan benar.

2. Diberikan kesempatan untuk berdiskusi  tentang hukum bacaanAl Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dengan benar.

3.   Diberikan kesempatan berlatih membacaQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27sertahadis yang terkaitdengan benar.


Pertemuan Kedua:
1.   Diberikan kesempatan berlatih menghafal Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dan hadis yang terkait dengan lancar.
2. Diberikan kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan artiQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dan hadis yang terkait dengan benar.

Pertemuan Ketiga:
1.      Diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,dan Hadis yang terkait
2. Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku rendahhati, hematdanhidupsederhanasebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,dan Hadis yang terkait

Pertemuan Keempat:
1.      Diberikan kesempatan menghafal dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat melafalkan hafalan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, dan Hadis yang terkait
2. Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku rendahhati, hematdanhidupsederhanasebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,dan Hadis yang terkait

C.     MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.      Hukum Bacaan Al Syamsiyah
a.   Pengertian Hukum BacaanAl Syamsiyahdan Al Qamariyah
b.  Identifikasi Hukum Bacaan AL Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27
c.   Bacaan Al Quran Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27
Artinya :Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.( QS. Al Furqan :25 )
Artinya : Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.( QS. AL Isra : 27 )

Pertemuan Kedua:
1.    ArtiKanduganQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27
2.    Arti Hadistentangperilakurendahhati, hemat, danhidupsederhana .

Pertemuan Ketiga:
1.    Makna Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27
2.    Contoh perilaku rendahhati, hematdanhidupsederhana sebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.

Pertemuan Keempat:
1.      Bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan Hadis
2.      Contoh perilaku rendahhati, hematdanhidupsederhana sebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, serta hadis terkait.

D.     METODE PEMBELAJARAN:
1.      Pendekatan Scientific
2.      Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.      Metode diskusi, drill, dan demontrasi, matching card

E.     SUMBER BELAJAR
1.      al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.   Muhammad Ahsan dan Sumiyati Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP / Mts Kelas VIII, th 2014 , Pusat Kurikulum dan Perbukuan , Balitbang, Kemendikbud.
3.      BukuTajwid

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
     1.          Media
a.      Video Pembelajaran
b.      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
     2.          Alat
                     a.    Komputer
                     b.    LCD Projector
                     c.    Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN       

PERTEMUAN PERTAMA
  

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan 
a.      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.  Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.  Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.       Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
 f.       Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

10 Menit
2.
Kegiatan inti

a.         Mengamati
·   MembacabersamaQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendahhati, hematdanhidupsederhana.
·         Mengamati  LCD tentangQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana dari CD/Media Interaktif tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya
·  Mencatat hasil pengamatan terhadap hal-hal penting dari kekuranganbacaanyadibandingkantayangan LCD
b.         Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD
c.         Explore
·        Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana secara bersama
· Secara berkelompok Peserta didik membaca mengulang bacaanQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
·   Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
d.         Asosiasi
·           Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
·         Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
·       Memilih diantara temannya untuk menjadi presenter, sekretaris dan pengamat
e.      Komunikasi.
·   Mempresentasikan Bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.di depan kelas
·       Masing-masing kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi hukum Mim Sukun dari Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
·         Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi
·    Sekretaris menginventaris hasil penilaian masing–masing kelompok
·      Selama pembelajaran berlangsung guru  mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
·  Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
100 menit
3.
Penutup
a.   Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.       Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.       Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-     Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan MimSukun
-     Kelompok yang paling baik dalam membaca al- Qur’an atau hadts.
d.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.       Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

10 Menit
 


PERTEMUAN KEDUA
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan 
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.  Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.  Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.

10 Menit
2.
Kegiatan inti
a.      Mengamati
·           Menyimak tayangan bacaanQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.
·        Secara bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
b.      Menanya
·            Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.secara per kata dan keseluruhan.
c.      Eksplore dan asosiasi
Game “Make-Matc”, dengan cara:
-     Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
-  Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potonganayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendahhati, hemat dan hidup sederhana.dan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut.
-     (Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana dan artinya yang tersebar di antara mereka
-    (Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berpasang-pasangan sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat dan arti secara tepat.
-   (Game Ketiga) Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits dengan artinya sehingga terbaca potongan ayat / hadits yang utuh.
-        Dan seterusnya.

d.      komunikasi
·   Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendahhati, hematdanhidupsederhana..

100 menit
3.
Penutup
a.      Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b.  Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.   Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal ayat dan artiQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
d.  Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
e.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
10 Menit


PERTEMUAN KETIGA
 

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan 
a.   Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.   Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.  Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.  Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f. Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
10 Menit
2.
Kegiatan inti
a.      Mengamati
·    Peserta didik menelaah berbagai sumber belajar, sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendahhati, hemat dan hidup sederhana..
·    Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf.
b.      Menanya
·       Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf

c.      eksplore
·     Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1)      Akhlaq orang yang berikhlas, sabar dan pemaaf.
2)  Manfaat dan hikmah mempunyai sifat ikhlas, sabar dan pemaaf.
3)      Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana. .
4)    Contoh perilaku seseorang yang rendahhati, hemat dan hidup sederhana.

d.      Asosiasi
·           Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
e.      Mengkomunikasikan
·    Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.

100 menit
3.
Penutup
a.      Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b.  Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.   Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik”  hasil diskusi dan presentasinya.
d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
e.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

10 Menit







No comments:

Post a Comment