Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP)
Satuan Pendidikan :SMP Bahrul Maghfiro
Mata Pelajaran :Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :VIII (Delapan) / Ganjil
Materi Pokok : Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis
tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Alokasi Waktu :3 pertemuan (3 x 3 Jam Pelajaran)
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1
|
2.4
|
Menghargai perilaku rendah hati,
hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan
(25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
2.4.1
Menampilkan
contoh perilaku rendahhati,
hematdanhidupsederhana sebagai implementasi dari surahQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S.
Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
2
|
3.1
|
Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25):
63; dan Q.S. Al Isra’(17)
: 27;serta hadits terkait
|
3.1.1
Menyebutkan
arti Q.S. Al
Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
3.1.2
Menjelaskan
makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
3
|
4.1
|
Membaca Q.S. Al Furqan
(25): 63 dan Al-Isra’(17):
27 dengan tartil
|
4.1.1
Menyebutkan
arti Q.S. Al
Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
4.1.2
Menjelaskan
makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
4
|
4.2
|
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’(17): 27 serta Hadits terkait
|
4.2.1
Melafalkan hafalan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
B. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1. Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang
hukum bacaan Al Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27. Peserta didik dapat
menjelaskan hukum bacaanAl Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dan hadis yang terkait dengan
benar.
2. Diberikan
kesempatan untuk berdiskusi tentang
hukum bacaanAl Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan
Al Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al
Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dengan benar.
3. Diberikan kesempatan berlatih membacaQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat
mendemontrasikan bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63,
Q.S. Al Isra’(17): 27sertahadis yang terkaitdengan benar.
Pertemuan Kedua:
1. Diberikan kesempatan berlatih menghafal Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dan hadis yang terkait dengan lancar.
2. Diberikan kesempatan berlatih dengan
temannya, peserta didik dapat menyebutkan artiQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27dan hadis yang terkait dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan berdiskusi dengan
temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi
kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63,
Q.S. Al Isra’(17): 27,dan Hadis yang terkait
2. Diberikan kesempatan mencermati tayangan
film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku rendahhati,
hematdanhidupsederhanasebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,dan Hadis yang terkait
Pertemuan Keempat:
1.
Diberikan
kesempatan menghafal dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat melafalkan hafalan Q.S. Al Furqan (25): 63,
Q.S. Al Isra’(17): 27, dan Hadis yang terkait
2. Diberikan kesempatan mencermati tayangan film,
peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku rendahhati,
hematdanhidupsederhanasebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,dan Hadis yang terkait
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1. Hukum Bacaan Al Syamsiyah
a. Pengertian Hukum BacaanAl Syamsiyahdan Al Qamariyah
b.
Identifikasi
Hukum Bacaan AL
Syamsiyahdan Al Qamariyah dalam Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27
c. Bacaan Al Quran Q.S. Al Furqan (25): 63,
Q.S. Al Isra’(17): 27
Artinya :Dan
hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di
atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka,
mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.(
QS. Al Furqan :25 )
Artinya : Sesungguhnya pemboros-pemboros itu
adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada
Tuhannya.( QS. AL Isra : 27 )
Pertemuan Kedua:
1. ArtiKanduganQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27
2. Arti Hadistentangperilakurendahhati,
hemat, danhidupsederhana .
Pertemuan Ketiga:
1. Makna Q.S. Al Furqan (25): 63,
Q.S. Al Isra’(17): 27
2. Contoh perilaku rendahhati,
hematdanhidupsederhana sebagai implementasi Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.
Pertemuan Keempat:
1.
Bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan
Hadis
2. Contoh perilaku rendahhati, hematdanhidupsederhana sebagai implementasi Q.S. Al
Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, serta hadis
terkait.
D. METODE
PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode
diskusi, drill, dan demontrasi, matching
card
E. SUMBER BELAJAR
1.
al-Qur’anul Karim dan
terjemahnya, Depag RI
2. Muhammad Ahsan dan
Sumiyati Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP / Mts Kelas VIII, th 2014 , Pusat Kurikulum dan Perbukuan ,
Balitbang, Kemendikbud.
3.
BukuTajwid
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD Projector
c. Kartu berpasangan (matching card)
lafadz dan artinya.
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan
membaca Al-Qur’an surah/ayatpilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c. Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
d. Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f. Guru
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Mengamati
· MembacabersamaQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendahhati,
hematdanhidupsederhana.
· Mengamati LCD tentangQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana dari CD/Media
Interaktif tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya
· Mencatat hasil pengamatan terhadap hal-hal
penting dari kekuranganbacaanyadibandingkantayangan LCD
b.
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas
dari pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
· Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana secara bersama
· Secara berkelompok Peserta didik membaca mengulang bacaanQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana.
· Praktek membaca satu persatu
yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
d.
Asosiasi
·
Anggota
yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
· Memilih diantara anggota kelompok
yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
· Memilih diantara temannya untuk menjadi presenter,
sekretaris dan pengamat
e. Komunikasi.
· Mempresentasikan Bacaan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.di depan kelas
· Masing-masing kelompok berdiskusi untuk
mengidentifikasi hukum
Mim Sukun dari
Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana.
· Kelompok
lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi
· Sekretaris menginventaris hasil penilaian masing–masing kelompok
· Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
· Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a. Dibawah bimbingan
guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok
“terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam
mengidentifikasi hukum bacaan MimSukun
-
Kelompok yang paling baik dalam
membaca al- Qur’an atau hadts.
d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10
Menit
|
PERTEMUAN KEDUA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c. Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d. Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Mengamati
· Menyimak tayangan bacaanQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S.
Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.
· Secara bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
b. Menanya
·
Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.secara per kata
dan
keseluruhan.
c.
Eksplore dan asosiasi
Game “Make-Matc”, dengan cara:
- Dengan bimbingan guru,
peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
- Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potonganayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendahhati,
hemat dan hidup sederhana.dan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut.
- (Game Pertama) Dengan
aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas
yang berisi potongan-potongan ayat tentang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana dan artinya yang tersebar di antara mereka
- (Game Kedua) Dengan
aba-aba guru, peserta didik diminta berpasang-pasangan sesuai ayat atau
hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat dan arti secara tepat.
- (Game Ketiga) Peserta
didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits dengan artinya sehingga
terbaca potongan ayat / hadits yang utuh.
-
Dan seterusnya.
d.
komunikasi
· Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendahhati,
hematdanhidupsederhana..
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan
guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan reward kepada
“pasangan terbaik” yang hafal ayat dan artiQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10
Menit
|
PERTEMUAN KETIGA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta
didik.
d. Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f. Guru
mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri
4 – 6 siswa)
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Mengamati
· Peserta didik menelaah berbagai sumber belajar, sebagai dasar memahami
makna ayatQ.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis
terkait.tentang rendahhati,
hemat dan hidup sederhana..
· Peserta didik memperhatikan tayangan film yang
berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf.
b. Menanya
· Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ikhlas,
sabar dan pemaaf
c. eksplore
· Secara berkelompok peserta didik berdiskusi
dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan
film, misalnya:
1) Akhlaq orang
yang berikhlas, sabar dan pemaaf.
2) Manfaat dan
hikmah mempunyai sifat ikhlas, sabar dan pemaaf.
3) Nilai-nilai
positif yang terdapat pada ayatQ.S. Al
Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27,serta hadis terkait.tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana. .
4) Contoh perilaku seseorang
yang rendahhati, hemat dan hidup sederhana.
d. Asosiasi
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi
Presenter, sekretaris dan pengamat
e. Mengkomunikasikan
· Setiap kelompok secara bergiliran
mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan
guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan reward kepada
“kelompok terbaik” hasil diskusi dan
presentasinya.
d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10
Menit
|
No comments:
Post a Comment