RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SMP CAKRA KUSUMA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: VII/Ganjil
Materi Pokok : Lebih dekat Kepada Allah SWT yang sangat Indah Nama-Nya
Alokasi Waktu
: 3
Jam Pelajaran @40
Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Menjelaskan Pengertian Iman
Kepada Allah dan Al-Asmaul- Husna: al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
B.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media :Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan :Penggaris, spidol, papantulis, Laptop &infocus
Sumber Belajar :Buku Pendidikan Agama Islam SiswaKelasVII,
Kemendikbud,Tahun2016
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembukadan berdoa
untuk memulai pembelajaran,Memeriksa kehadiran pesertadidik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan
dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan
materi/tema/Kegiatan sebelumnya serta
mengajukan pertanyaan untuk
mengingat dan menghu bungkan
dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat
diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi : Iman Kepada Allah dan Al-Asmaul- Husna: al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.. |
|
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi
yang akan dicapai, serta metodebelajar yang akan ditempuh, |
|
KegiatanInti ( 90 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Pesertadidik
diberimotivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati,
membaca
dan menuliskannya kembali. Mereka diberita yang anda bahan
bacaan terkait materi Iman Kepada Allah dan Al-Asmaul- Husna: al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir. |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin
hal yang belum dipahami,
dimulai
dari pertanyaan faktual
sampai kepertanyaan yang
bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Iman Kepada Allah dan Al-Asmaul- Husna: al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
Collaboration |
Pesertadidik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk
mendiskusikan,
mengum pulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar
informasi mengenai Iman Kepada Allah dan Al-Asmaul- Husna: al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir. |
Communication |
Pesertadidik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait Iman Kepada Allah dan Al-Asmaul- Husna: al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
KegiatanPenutup (15 Menit) |
|
Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
PenilaianSkalaSikap, Penilaian
“MembacadenganTartil”, PenilaianDiskusi
Jombang….Juli 2021
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMP
CAKRA KUSUMA. Pendidikan Agama
Islam Dan Budi Pekerti
Nurhayati,ST Wahyudi,M.Pd.I
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment