RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SMP CAKRA KUSUMA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: VII/Ganjil
Materi Pokok : Dengan Ilmu
Pengetahuan Semua Jadi Lebih Mudah
Alokasi Waktu
: 3
Jam Pelajaran @40
Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, pesertadidik diharapkan dapat membaca Q.S. ar-Rahmān/55:33
dan Q.S. al-Mujādalah/58:11 serta memahami artinya.
B.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media :Worksheet ataulembarkerja (siswa), Lembarpenilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan :Penggaris, spidol, papantulis, Laptop &infocus
Sumber Belajar :BukuPendidikan Agama Islam SiswaKelasVII,
Kemendikbud,Tahun2016
C.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPendahuluan
(15 Menit) |
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembukadan berdoa untuk memulai pembelajaran,Memeriksa kehadiran pesertadidik
sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/Kegiatan sebelumnya
serta mengajukan pertanyaan
untuk mengingat dan
menghu bungkan dengan materi
selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi tentang
apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi :Arti
Q.S. ar-Rahmān/55:33 dan Q.S. al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntutilmu. |
|
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metodebelajar yang
akan ditempuh, |
|
KegiatanInti
( 90 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Pesertadidik diberimotivasi dan
panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberita yang anda
bahan bacaan terkait
materiArti
Q.S. ar-Rahmān/55:33 dan Q.S. al-Mujādalah/58:11 serta
hadis tentang
menuntut ilmu. |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai
dari pertanyaan faktual
sampai kepertanyaan yang
bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Arti Q.S. ar-Rahmān/55:33 dan Q.S.
al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntutilmu. |
Collaboration |
Pesertadidik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan,
mengum pulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling
bertukar informasi mengenai
Arti Q.S. ar-Rahmān/55:33 dan Q.S. al-Mujādalah/58:11 serta
hadis tentang
menuntutilmu. |
Communication |
Pesertadidik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Arti Q.S. ar-Rahmān/55:33 dan Q.S.
al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
KegiatanPenutup
(15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
PenilaianSkalaSikap
2.
Penilaian
“MembacadenganTartil”
3.
PenilaianDiskusi
Jombang….Juli 2021
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMP
CAKRA KUSUMA. Pendidikan Agama
Islam Dan Budi Pekerti
Nurhayati,ST Wahyudi,M.Pd.I
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment