RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SMP CAKRA KUSUMA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: VII/Ganjil
Materi Pokok : Indahnya Keberamaan Dengan Berjamaah
Alokasi Waktu
: 3
Jam Pelajaran @40
Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Mengkaji tentang shalat wajib berjamaah hingga dapat mendapatkan pengertian dengan benar.
Melalui kegiatan demontrasi shalat
wajib berjamaah pesertadidik dapat mempraktikkan shalat
wajib
berjamaah dengan benar
B.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media :Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan :Penggaris, spidol, papantulis, Laptop &infocus
Sumber Belajar :Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII,
Kemendikbud,Tahun 2016
C.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPendahuluan
(15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembukadan berdoa untuk memulai pembelajaran,Memeriksa
kehadiran
pesertadidik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta
didik
dengan materi/tema/Kegiatan sebelumnya serta
mengajukan pertanyaan untuk
mengingat dan menghu bungkan dengan
materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi : pengertian, Implementasi hikmah tata syarat
sah sholat cara sholat berjamaah dalam kehidupan nyata dan hadis yang
terkait |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta
metodebelajar yang akan ditempuh, |
|
KegiatanInti
( 90 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Pesertadidik diberimotivasi
dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali.
Mereka diberita yang
anda bahan bacaan
terkait materi
pengertian, Implementasi hikmah tata syarat sah sholat cara sholat berjamaah
dalam kehidupan nyata dan hadis
yang terkait |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai kepertanyaan yang bersifat
hipotetik.Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi pengertian,
Implementasi hikmah tata syarat sah
sholat cara sholat berjamaah dalam
kehidupan nyata dan hadis yang terkait |
Collaboration |
Pesertadidik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengum pulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai pengertian, Implementasi hikmah tata syarat
sah sholat cara sholat berjamaah dalam kehidupan nyata dan hadis yang
terkait |
Communication |
Pesertadidik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait pengertian, Implementasi hikmah tata syarat sah sholat cara sholat berjamaah
dalam kehidupan nyata dan hadis
yang terkait Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
KegiatanPenutup
(15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
PenilaianSkalaSikap, Penilaian “MembacadenganTartil”, PenilaianDiskusi
Jombang….Juli 2021
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMP
CAKRA KUSUMA. Pendidikan Agama Islam Dan Budi
Pekerti
Nurhayati,ST Wahyudi,M.Pd.I
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment