RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SMP CAKRA KUSUMA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: VII/Ganjil
Materi Pokok : Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman
Alokasi Waktu
: 3
Jam Pelajaran @40
Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Menjelaskan pengertian, Implementasi hikmah tata cara taharah dalah kehidupan nyata
dan hadis yang terkait
B.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media :Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan :Penggaris, spidol, papantulis, Laptop &infocus
Sumber Belajar :Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII,
Kemendikbud,Tahun 2016
C.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPendahuluan
(15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembukadan berdoa untuk memulai pembelajaran,Memeriksa
kehadiran
pesertadidik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta
didik
dengan materi/tema/Kegiatan sebelumnya serta
mengajukan pertanyaan untuk
mengingat dan menghu bungkan dengan
materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi : pengertian, Implementasi hikmah tata cara taharah dalah kehidupan nyata dan hadis
yang terkait |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta
metodebelajar yang akan ditempuh, |
|
KegiatanInti
( 90 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Pesertadidik diberimotivasi
dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali.
Mereka diberita yang
anda bahan bacaan
terkait materi
pengertian, Implementasi hikmah tata cara
taharah dalah kehidupan nyata dan hadis
yang terkait |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai kepertanyaan yang bersifat
hipotetik.Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi pengertian,
Implementasi hikmah tata cara taharah dalah kehidupan nyata dan hadis yang
terkait |
Collaboration |
Pesertadidik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengum pulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai pengertian, Implementasi hikmah tata cara taharah dalah kehidupan nyata dan hadis
yang terkait |
Communication |
Pesertadidik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Implementasi
hikmah tata cara taharah dalah kehidupan nyata dan hadis yang terkait Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
KegiatanPenutup
(15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
PenilaianSkalaSikap, Penilaian “MembacadenganTartil”, PenilaianDiskusi
Jombang….Juli 2021
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMP
CAKRA KUSUMA. Pendidikan Agama
Islam Dan Budi Pekerti
Nurhayati,ST Wahyudi,M.Pd.I
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment